October 02, 2016

Analisis strategi samsung


Judul: Analisis strategi samsung
Penulis: Yoggi Darmawan


A.    Sejarah Perusahaan
            Sebelum tahun 1997, Samsung lebih dikenal dengan reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik dengan produk-produk low-end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai imitator, bukan innovator karena memang tidak melakukan inosai-inovasi produk pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada low cost yang direfleksikan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai brand value dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya pada saat itu adalah cost/ price leadership.           
            Ketika terjadi krisis ekonomi di Asia, Samsung mengalami kerugian yang besar, namun dia dapat merespon dengan sangat baik. Ia mengembangkan turnaround strategy, meskipun masih membawa kebudayaan tua Korea Inc yang tidak fleksibel. Samsung memperbaiki kualitas dan melakukan inovasi-inovasi produk. Samsung berfokus pada pasar-pasar tertentu, ia memilih fokus pada pasar dengan permintaan terbesar, pasar Amerika yang perkembangannya tinggi, juga pada pasar yang pertumbuhannya cepat, yaitu China.           
            Yun Jong Yong, CEO Samsung, menggunakan cara tradisional untuk memperbaiki keadaan ekonomi Samsung pada saat itu. Ia memotong 30% biaya dalam 5 bulan. Untuk itu ia memberhentikan 30.000 dari 70.000 karyawan. Dan Juga membuang unit-unit yang tidak bermanfaat. Prestasi terbesar Yun adalah perubahan ke arah corporate culture.           
            Samsung kemudian berkembang menjadi perusahaan berskala internasional. Dimulai dari menyewa staf yang berpendidikan Amerika atau berpengalaman secara signifikan di USA. Tiga warga yang bukan berasal dari Korea Selatan menjadi anggota komisi direktur. Warga asing memiliki 60% saham dari grup. Perusahaan sekarang menghasilkan 70% dari pendapatannya di luar Korea Selatan, manufaktur di 14 negara, termasuk China dan Meksiko.            Samsung juga mengadakan partnership dengan American. Pada awal tahun 1997, Samsung hampir tidak berbisnis mobile phones di luar Korea Selatan, tapi kemudian setelah mengadakan partnership, Samsung memperoleh pesanan 1.8 juta handsets senilai $600 juta dari Sprint PCS Group. Reputasi Samsung sekarang adalah high-end mobile handsets dan berkembang sebagai supplier pada industri ini. Setelah mengadakan partnership dengan beberapa perusahaan ternama seperti Best Buy, Radio Shack, dan Circuit City, Samsung lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2001 Samsung menjual produk-produk senilai $500, dan menargetkan penjualan $1 miliyar di tahun 2002. penjualan terbaiknya adalah DVD/VCR player dan mobile phone dan juga PDA. Salah satu kunci sukses Samsung terletak pada desain. Teknologi dan desain pada Samsung sangat baik. Samsung memiliki 300 desainer bertalenta di Seoul dan empat kamtor desain di USA, Eropa, dan Jepang. Penekanan produknya adalah pada gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.
B.     Visi, Misi, Budaya, dan Tujuan Perusahaan
Visi 
            Visi dari Samsung Electronics adalah menjadi pemimpin pergerakan konvergensi digital. Samsung meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, mereka akan menemukan solusi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital, dan masyarakat menemukan peluang baru.
2.      Misi            Misi dari Samsung Electronics adalah menjadi "digital-Company" yang terbaik. Digital menciptakan produk dan layanan teknologi yang memimpin industri. Menempatkan manajemen dan proses produksi yang paling efisien.Company (perusahaan): mempertahankan fokus yang mantap untuk memperkuat organisasi demi terus menjadi pemimpin teknologi global dan perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab. 
3.      Budaya
Budaya perusahaan membuat Samsung menjadi perusahaan terkemuka hari ini. "Pada abad 21, harus ada tema 'tertentu' untuk berhasil dalam informasi-meluap dunia. Dan Samsung adalah salah satu perusahaan terbaik yang memilih tema yang benar". Kemudian 'budaya Samsung' mulai dari Lee Beong-chul, pendiri Samsung yang tidak hanya bercita-cita untuk membuat perusahaannya yang terbaik tetapi juga mengembalikan keuntungan kepada masyarakat Seperti Lee Gun-hee menjadi CEO berikutnya Samsung, ia membentuk dua tema utama, 'Philanthropism' dan 'Investasi Sosial', setelah keynote ayahnya. Dalam persaingan tajam 21 abad, Lee Gun-hee tidak lupa untuk berkontribusi pada kesejahteraan sosial dan global, dan itu adalah bagaimana Samsung bisa tumbuh sebesar ini. 
4.      Tujuan            Tujuan dari Samsung Electronics adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya. 
C.  Marketing Mix Perusahaan
1.    Produk            Samsung lebih memilih untuk memciptakan produk-produk high-end yang tentu saja menawarkan stylish best-practice products. Produk-produk tersebut antara lain : DRAM, SRAM, Flash memory, CDMA mobile phones, TFT-LCDs, Computer monitors, Big-screen TVs, VCRs, DVD players, MP3 players, Microwave ovens, dan lain-lain.
2.     Price            Samsung lebih menekankan pada kualitas produk, sehingga penentuan harga ditetapkan berdasarkan pada tingkat kualitas masing-masing produk tersebut.
3.    Place            Berhubungan dengan pendistribusian produk kepada konsumen, Samsung tidak lagi menggunakan outlet-outlet distribusi yang murah seperti Wal-Mart dan Target, melainkan mempercayakannya pada level yang lebih tinggi Samsung upmarket seperti Best Buy dan Circuit City. 
4.    Promotion            Dalam rangka rebranding, Samsung telah mengurangi 55 agency periklanan dan hanya memusatkannya pada satu perusahaan. Samsung menandatangani kontrak $ 400 juta dengan Madison Avenue firm, Foote, Cone & Belding Worldwide. Perusahaan tersebut bertugas untuk menciptakan sebuah global brand image untuk Samsung yaitu sebagai pembuat stylish best-practice products.
D.  Analisis Internal Perusahaan
Keuangan
2011 Financial Summary
865Income Statements                                  2010                           2011 2012
Sales                                                                154,630                       165,002 201,104
Operating Profit                                              17,297                         15,644 29,049
Net Income                                                     16,147                         13,759 23,845
Balance Sheets
Assets                                                              134,289                       155,800 181,072
Liabilities                                                        44,940                         54,487 59,591
Shareholders' Equity                                      89,349                         101,314 121,480
Cash Flows
Cash Flows from Operating Activities           23,827                         22,918 37,973
Cash Flows from Investing Activities            (23,985)                       (21,113) (31,322)
Cash Flows from Financing Activities           (152)                            3,110 (1,865)
                                                                                                (in billions of KRW))
Struktur Organisasi
Title Name Gender Position Role
Vice Chairman &
CEO Yoon-Woo
Lee M Vice Chairman & CEO,
Samsung Electronics Chairman of
the BOD
President & CEO Gee-sung
Choi M President & CEO,
Samsung Electronics Overall corporate
management
President Ju-Hwa-Yun M Head of Management
Support Office,
Samsung Electronics Management
support
Outside Director Dong-Min yoon M Attorney-at-law,
Kim & Chang Law Firm
Overall
management
Outside Director Chae-Woong Lee M Professor of Economics,
Sung Kyun Kwan
University Outside Director In-hoo Lee M Advisor, Shinhan Bank Outside Director Oh-Soo Park M Professor of Business
Administration, Seoul
National University E.   Analisis Eksternal Perusahaan
Pesaing
§  Samsung vs Sony
      Sejak 2003 penjualan Sony cukup stagnan atau cenderung turun. Selain itu profitabilitas merosot sejak tahun 1997. Penyebabnya adalah Sony tidak pernah lagi meluncurkan produk-produk inovasi baru. Perusahaan tersebut gagal berinvestasi secara dini dan agresif dalam mengembangkan produk-produknya yang menyebabkan kalahnya persaingan dengan perusahaan-perusahaan lain.      Lain halnya dengan Samsung, Samsung merupakan sebuah perusahaan yang tidak sebesar Sony namun menawarkan produk-produk unggulan dan berkinerja hebat. TV dan produk electronics Samsung juga dikenal karena kualitasnya yang bagus. Samsung menduduki peringkat pertama untuk semikonduktor dan cukup tinggi peringkatnya untuk monitor LCD dan TV LCD. Samsung berhasil menemukan tren utama dalam industri elektronik dan berinvestasi secara agresif. Oleh karena itu kondisi keuangan Samsung dapat dikatakan lebih baik daripada Sony      Sony memiliki sejarah meluas ke luar negeri yang lebih banyak daripada Samsung. Sony memiliki banyak pabrik produksi di luar negeri di seluruh dunia, Samsung memang kalah dari Sony dalam segala aspek globalisasi. Namun Samsung lebih sigap memanfaatkan peluang-peluang dan merancang strateginya, sebagai contoh strategi dalam menciptakan brand-marketing, dalam bidang sponsorship, R n D, dan desain produknya.
Analisis SWOT
STRENGHTS: (Kekuatan)
§  Semua yang dilakukan Samsung dipandu oleh panduan moral yang memastikan keadilan, menghormati semua stakeholder dan transparansi sepenuhnya.
§  Meliputi beragam bisnis yang memanfaatkan kecepatan, kreatifitas, dan efisiensi untuk menemukan, mengembangkan dan memasarkan produk yang menentukan hidup kita saat ini.
§  Orang-orang Samsung yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang memimpin pasar.
§  Inovasi adalah kunci utama dari Samsung.
§  Aktifitas R&D tidak hanya memperluas pandangan, namun mereka juga membukakan jalan bagi kelanjutan teknologi terkini dibidang digital elektronik.
§  Memberi kesempatan yang sangat luas bagi orang-orang untuk mencapai potensi mereka sepenuhnya.
§  Upaya Kewarganegaraan Samsung meliputi banyak bidang dalam kehidupan masyarakat, termasuk kesejahteraan sosial, kebudayaan dan seni, pelayanan sukarela, akademik dan pendidikan, perlindungan lingkungan, dan pertukaran internasional.
§  Menciptakan image produk yang bertahan lama dimata konsumen dan merupakan perusahaan yang pertama kali masuk ke pasar dan menciptakan pangsa pasar terbesar.
§  Ramah lingkungan, hemat energi dan air, mengurangi polusi dan mengeliminasi bahan beracun.
§  Inovasi diciptakan dengan mengadaptasi teknologi baru, lebih dulu daripada pesaing.
WEAKNESSES: (Kelemahan)
§  Samsung harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses.
§  Investasi tinggi pada aktivitas R&D (menginvestasikan paling sedikit 9% dari pendapatan penjualan pada aktivitas R&D).
§  Samsung belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya.
§  Samsung belum memiliki banyak pengalaman pada Televisi berteknologi tinggi pada segmen tersebut.
§  Samsung tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan meningkat.
§  Berkurangnya profitabilitas karena terlalu banyak pegawai dengan fasilitas luar biasa.
OPPORTUNITIES: (Kesempatan)
§  Era digital yang terus berkembang.
§  Salah satu pemimpin yang diakui dunia di industri teknologi digital.
§  Samsung memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas generasi muda.
§  Berdasarkan data yang didapat, 28% dari 220 juta rumah tangga memiliki televisi berwarna.
§  Jaringan penelitan dan pengembangan meliputi enam pusat Samsung di Korea dan 18 lainnya di sembilan negara lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Israel, India, Jepang, Cina serta pusat-pusat penelitian dan perguruan tinggi lainnya. Pusat-pusat ini ditugaskan untuk merekrut bakat-bakat terhebat di tingkat lokal, meneliti tren-tren teknologi lokal terbaru, dan mewujudkan teknologi-teknologi yang menawarkan keuntungan terbesar.
THREATS: (Ancaman)
§  Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif.
§  Jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman.
§  Konsumen memiliki banyak pilihan.
§  Kompetisi intens pada pasar televisi berwarna.
§  Produk harga premium tidak akan dijual dengan jumlah yang banyak, maka akan timbul masalah harga.
§  Jika Samsung gagal untuk sukses di pasar china dengan produk berteknologi tinggi nya, hal itu akan diketahui oleh seluruh dunia.
§  Ketika teknologi-teknologi baru secara terus menerus diperkenalkan ke pasar, kecepatan menjadi sangat penting agar tetap dapat bersaing dalam era digital saat ini, dan pasar-pasar baru harus dirintis secara terus menerus.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.samsung.com
http://hartomiab.blogspot.com


Download Analisis strategi samsung.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Analisis strategi samsung. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon