September 06, 2016

TUGAS AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 2


Judul: TUGAS AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 2
Penulis: Yosi Nur


TUGAS AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 2
GREEN ACCOUNTING
Pengertian
Green accounting adalah jenis akuntansi lingkungan yang menggambarkan upaya untuk menggabungkan manfaat lingkungan dan biaya ke dalam pengambilan keputusan ekonomi atau suatu hasil keuangan usaha, Green Accounting menggambarkan upaya untuk menggabungkan manfaat lingkungan dan biaya ke dalam pengambilan keputusan ekonomi. Perusahaan akuntansi lingkungan berkaitan dengan dampak lingkungan sebuah bisnis, akuntansi lingkungan nasional berusaha untuk mencapai yang sama pada tingkat-negara. Green acounting adalah jenis akuntansi yang mencoba untuk menghubngkan faktor baiya lingkungan ke dalam hasil kegiatan usaha perusahaan.
Fungsi green accounting dibagi menjadi 2 :
Fungsi internal
Fungsi internal memungkinkan unutk mengatur biaya konservasi lingkungan dan menganalisis biaya linhkuang dengan manfaatnya,dan meningkatakan efektifitas dan efisiensi aktivitas konservasi lingkungan terkait dengan keputusan yang dibuat. Akuntansi lingkungan dapat berfungsi sebagai alat manajemen yang digunakan manajer dan unit bisnis terkait.
Fungsi eksternal
Dengan mengukapkan hasil pegukuran kuantitatif dari kegiatan konservasi lingkungan, fungsi eksternal memunginkan sebuah perusahaan untuk mempengaruhi keputusan stakeholder. Diharapkan bahwa dari akuntansi lingkungan dapat memenuhi tanggung jawab perusahaan dalam akuntanbilitas satkeholder dan digunakan untuk evaluasi dari konservasi lingkungan.
Intinya adalah bahwa akuntansi lingkungan bertujuan untuk meningkatkan jumlah informasi yang relevan yang dibuat untuk pihak yang memerlukan dan dapat digunakan. Kesuksesan dari akuntansi lingkungan tidak tergantung dari bagaimana perusahaan mengklasifikasikan biaya yang terjadi di perusahaan.
Ruang Lingkup Green AccountingAkuntansi lingkungan bertujuan mengukur biaya dan manfaat sosial sebagai akibat dari aktifitas perusahaan dan pelaporan prestasi peruasahaan Akutansi lingkungan adalah sebuah alat fleksibel yang dapat diterapkan dalam skala pengguanaan dan cakupan ruang lingkup yang berbeda. Skala yang digunakakan tergantung dari kebutuhan, kepentingan, tujuan dan sumber daya perusahaan. Permasalahan dalam menentukan ruang lingkup akuntasni lingkungan adalah bagaimana perusahaan dapat menetukan biaya lingkungan yang muncul akibat aktivitas bisnisnya yang mana biaya tersebut terkadang tidak dapat diukur secara akuntansi. Semakin luas cakupanya perusahaan mungkin akan mengalami kesulian dalam mengukurnya.
Konsep Green Accounting
Konsep sistem akuntansi lingkungan dapat diterapkan oleh perusahaan dalam skala yang besar maupun skala kecil dalam setiap industri dalam sektor manufaktur dan jasa. Penerapan akuntansi lingkungan harus dilakukan dengan sistematis atau didasarkan pada kebutuhan perusahaan. Keberhasilan dalam penerapan akuntansi lingkungan terletak pada komitmen manajemen dan keterlibatan fungsional. Sebuah perusahaan tidaklah terlepas dari tanggung jawab lingkungan, karena itu diperlukan suatu cara untuk mengintegralkan biaya lingkungan misalnya konsep eksternalitas dimana konsep ini melihat dampak langsung aktivitas suatu entitas terhadap lingkungan sosial, non-sosial dan ekologis. Langkah awal yang dapat dilakukan terkait biaya lingkungan adalah dengan mengategorikan jenis biaya terkait dengan memerhatikan beberapa aspek seperti lokasi situs limbah, jenis limbah berbahaya, metode pembuangan, dan lainnya. Biaya lingkungan mengandung biaya yang eksplisit dan implisit. Biaya implisit seperti biaya yang timbul akibat potensi kewajiban yang muncul.
Sistem penilaian biaya lingkungan dapat membantu memperbaiki keputusan-keputusan yang terkait dengan keputusan bauran produk, pemilihan input produksi, penilaian pencegahan pencemaran, evaluasi pengelolaan limbah serta penentuan harga produk. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui biaya-biaya lingkungan perusahaan yaitu dengan mengadopsi sistem akuntansi konvensional, activity based costing, full cost accounting dan total cost assessment.
Biaya-biaya dalam Green accounting
                  Conventional Costs
Biaya menggunakan bahan baku, utilitas, barang modal, dan pasokan biasanya dibahas dalam akuntansi biaya dan penganggaran modal, tetapi tidak dipertimbangkan sebagai biaya lingkungan. Penurunan penggunaan dan sedikitnya limbah yang dihasilkan dari bahan baku, utilitas, barang modal, serta pasokan yang ramah lingkungan dapat mengurangi degradasi lingkungan dan penggunaan dari sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Penting untuk memperhitungkan biaya tersebut sebagai keputusan bisnis, dengan melihat apakah biaya tersebut dikatakan sebagai biaya lingkungan atau tidak.
Potentially Hidden Costs
Potentially hidden costs adalah biaya-biaya yang mungkin berpotensi tersembunyi dari manajer. Diantaranya adalah upfront environmental costs¸ yang terjadi sebelum proses operasi. Biaya ini dapat mencakup biaya untuk rancangan produk ramah lingkungan, kualifikasi pemasok, evaluasi peralatan pengendalian pencemaran alternatif, dan sebagainya.
Contingent Costs
Contingent costs atau biaya kontinjensi adalah biaya yang mungkin atau tidak mungkin terjadi di masa depan. Misalnya biaya untuk kompensasi atas kecelakaan pencemaran lingkungan, denda dan hukuman pelanggaran peraturan di masa depan atau biaya tak terduga lainnya atas konsekuensi di masa depan.
 Image and Relationship Costs
Beberapa biaya lingkungan dapat disebut "less tangible" atau "tangible" karena biaya ini dikeluarkan untuk mempengaruhi persepsi manajemen, pelanggan, karyawan, masyarakat, dan regulator. Biaya ini juga dapat disebut sebagai biaya "citra perusahaan".  Biaya kategori ini dapat termasuk biaya pelaporan lingkungan tahunan dan kegiatan hubungan masyarakat, biaya yang dikeluarkan sukarela untuk kegiatan lingkungan seperti menanam pohon, dan biaya yang dikeluarkan untuk program penghargaan atau pengakuan.


Download TUGAS AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 2.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca TUGAS AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 2. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon