September 10, 2016

Istilah kata dalam akuntansi


Judul: Istilah kata dalam akuntansi
Penulis: Andina Wahidah


Istilah kata dalam akuntansi
Desember 19, 2009 — oyik21
I. istilah kata dalam akuntansi:
Dalam bab ini saya akan memberikan pengetahuan sedikit tentang arti2 kata dalam istilah akuntansi yang biasa kita temui dalam setiap kegiatan perbankan maupun Ekonomi sehari-hari.
Adapaun istilah-istilah tersebut saya rangkum dalam bab ini yang dapat dengan mudah di mengerti oleh kalangan awam sekalipun.
Aktiva Lancar : Aktiva yang dimiliki perusahaan yang dapat segera berubah menjadi uang tunai. Termasuk dalam kelompok ini adalah Piutang Dagang, Deposito, Piutang Wesel dan Persediaan.
Aktiva Tetap : Aktiva atau harta perusahaan yang tidak bergerak. Masuk dalam kelompok ini Tanah, Bangunan, Mesin dan Peralatan serta Kendaraan.
EPS (Earning Per Share) : Rasio ini menggambarkan jumlah laba yang dihasilkan oleh perusahaan untuk tiap saham yang diterbitkan.
Anggota Bursa : Perantara perdagangan Efek atau Pedagang Efek yang telah menjadi anggota Bursa Efek Indonesia baik BEJ maupun BES.
Annual Meeting (Rapat Tahunan) : Rapat satu tahunan para manajer perusahaan yang melaporkan kepada para pemegang saham tentang hasil kegiatan perseroan selama tahun berjalan. Di dalam rapat ini biasanya dibahas juga tentang pemilihan Dewan Direksi untuk tahun yang akan datang. Pejabat pimpinan pelaksana biasanya memberikan ulasan pandangan untuk tahun yang akan datang dan bersama pejabat senior menjawab pertanyaan para pemegang saham.
Annual Report (Laporan Tahunan) : Suatu laporan resmi mengenai keadaan keuangan Emiten dalam jangka waktu 1 tahun. Termasuk di dalam laporan ini antara lain Neraca Perusahaan, Laporan Laba/Rugi dan Neraca Arus Kas. Laporan ini harus disampaikan kepada para pemegang saham untuk disetujui didalam RUPS untuk selanjutnya disahkan sebagai laporan tahunan resmi perusahaan.
Ask Price : Harga terendah yang ditawarkan untuk menjual.
Atas Nama : Dituliskannya nama dari pemilik Efek tertentu pada sertifikat Efek tersebut sebagai suatu tanda kepemilikan Efek. Contoh : saham atas nama, berarti nama yang tertulis di dalam sertifikat saham tersebut adalah pemiliknya.
Atas Unjuk : Tidak ditunjukkannya nama dari pemilik Efek, dengan demikian siapa saja yang membawa Efek tersebut dapat mengaku dan sah menjadi pemilik Efek tersebut.
BV (Book Value / Nilai Buku Saham) : Menggambarkan perbandingan total dana pemegang saham terhadap jumlah saham.
Bid Price : Harga tertinggi yang diminta untuk membeli.
Broker (Pialang) : Pihak yang melaksanakan eksekusi baik pembelian maupun penjualan saham berdasarkan amanat dari investor. Untuk jasanya dia akan memperoleh komisi dari investor.
Capital Gain : Keuntungan yang diperoleh karena perbedaan antara harga beli dan harga jual dari suatu Efek, terjadi bila harga jual lebih besar dari harga beli.
Capital Loss : Lawan dari Capital Gain, terjadi bila harga jual lebih rendah dari harga beli suatu Efek.
DER (Debt to Equity Ratio / Rasio Hutang atas Modal) : Menggambarkan struktur modal yang dimiliki oleh perusahaan, dengan demikian dapat dilihat struktur resiko tidak tertagihnya hutang. Makin kecil angka rasio ini makin baik.
Delisting : Penghapusan Efek dari daftar Efek yang tercatat di Bursa sehingga Efek tersebut tidak dapat lagi diperdagangkan di Bursa. Saham-saham yang telah di delist tetap dapat diperdagangkan di luar bursa dan status emiten tersebut tetap sebagai perusahaan publik.
Derivatif : Efek turunan dari sebuah Efek utama.
Dilusi : Menurunnya prosentase kepemilikan dari pemegang saham suatu perusahaan sebagai akibat dari bertambahnya jumlah saham yang beredar.
Dividen : Bagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham.
Dividen Final : Pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham yang telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang merupakan bagian dari penggunaan laba perusahaan untuk suatu tahun buku tertentu.
Dividen Interim : Pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham yang sifatnya sementara (belum final) yang diputuskan oleh Direksi perusahaan.
Efek : Surat berharga yaitu surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti hutang, unit penyertaan kolektif kontrak berjangka atas efek dan setiap derivatif dari efek.
Emiten : Pihak atau perusahaan yang menawarkan efeknya kepada masyarakat melalui penawaran umum.
Gagal Bayar : Istilah dalam penyelesaian transaksi dimana Pialang Beli tidak mampu membayar sejumlah dana sehubungan dengan saham yang dibelinya pada waktu yang ditentukan yaitu (T+4).
Gagal Serah : Istilah dalam penyelesaian transaksi dimana Pialang Jual tidak mampu menyerahkan saham yang dijualnya pada waktu yang telah ditentukan yaitu (T+4).
Go Public : Suatu perusahaan yang baru pertama kali menawarkan saham-sahamnya kepada masyarakat pemodal.
Harga Pembukaan (Open) : Harga yang terjadi pertama kali pada saat jam Bursa dibuka.
Harga Penutupan (Close) : Harga yang terjadi terakhir pada saat akhir jam Bursa.
Harga Terendah : Harga suatu saham yang paling rendah terjadi pada satu hari Bursa.
Harga Tertinggi : Harga suatu saham yang paling tinggi terjadi pada satu hari Bursa.
Harga Perdana : Harga pada waktu pertama kali suatu efek dikeluarkan/ditawarkan kepada masyarakat.
Hutang Jangka Panjang : Hutang yang jatuh temponya lebih dari satu tahun.
Hutang Lancar (Kewajiban Lancar) : Hutang perusahaan kepada pihak lain yang akan jatuh tempo dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun.
Indeks Harga Saham : Indikator utama yang menggambarkan pergerakan harga saham.
Kliring : Proses penentuan hak dan kewajiban Anggota Kliring yang timbul atas transaksi bursa yang dilakukan di Bursa Efek. Tujuan dari proses kliring adalah agar masing-masing Anggota Kliring mengetahui hak dan kewajibannya baik berupa efek maupun uang untuk diselesaikan pada tanggal penyelesaian.
Laba Bersih : Merupakan keuntungan bersih perusahaan setelah dikurangi kewajiban pajak kepada pemerintah.
Laba Ditahan (Saldo Laba) : Akumulasi dari laba perusahaan pada tahun sebelumnya yang tidak dibagikan sebagai Dividen.
Laporan Laba Rugi : Laporan yang menyajikan hasil-hasil operasi dari suatu satuan usaha untuk suatu periode pelaporan. Dalam laporan ini diikhtisarkan aktivitas-aktivitas usaha untuk suatu periode tertentu dan melaporkan juga laba atau rugi bersih hasil operasi dan dari aktivitas tertentu lainnya.
Long Term Debt to Equity Ratio (Rasio Hutang Jangka Panjang atas Modal) : Menggambarkan struktur modal yang dimiliki perusahaan dengan tujuan untuk menjamin hutang jangka panjang.
Manajer Investasi : Pihak yang mendapat izin dari Bapepam untuk mengadakan kegiatan usaha mengelola Portfolio Efek bagi para nasabah atau mengelola Portfolio Investasi kolektif untuk sekelompok nasabah.
Modal Dasar : Modal yang tercantum dalam Anggaran Dasar perusahaan dan harus dipenuhi dalam jangka waktu selambat-lambatnya sepuluh tahun.
Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh : Modal yang berasal dari pemegang saham yang telah menyetorkan penyertaannya kepada perusahaan.
Tanggal Pengembalian Uang Pesanan (Refund) : Suatu tanggal dimulainya pengembalian uang kepada pemesan yang terkena penjatahan atau yang pesanannya tidak terpenuhi seluruhnya.
Tanggal Penyerahan Surat Kolektif Saham : Suatu tanggal dimana perusahaan melalui penjami emisinya berkewajiban untuk menyerahkan Surat Kolektif Saham kepada para pemesan sesuai dengan hasil penjatahan.
Total Aktiva : Penjumlahan dari aktiva lancar dan aktiva tetap yang merupakan harta perusahaan secara keseluruhan.
Total Debt to Total Capital Assets : Mengambarkan aktiva yang dipergunakan oleh perusahaan untuk menutup hutang baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Transaksi Bursa : Transaksi yang dilakukan oleh Anggota Bursa yang tertuang dalam bentuk kontrak kesepakatan dengan Bursa Efek. Kontrak tersebut mencakup : (a) Jual beli Efek (saham maupun instrumen lainnya) (b) Pinjam meminjam Efek (c) Kesepakatan lain mengenai Efek dan harga Efek.
Transaksi di Luar Bursa : Transaksi Efek yang dilakukan di luar Bursa dan tidak diatur oleh Bursa. Transaksi ini antara lain dilakukan: (a) Antara Perusahaan Efek (b) Perusahaan Efek dengan pihak lain yang tidak diatur oleh Bursa Efek (c) Antar pihak yang bukan Perusahaan Efek (individu/lembaga pemegang saham tersendiri).
Waran : Efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang Efek untuk memesan/membeli saham perusahaan tersebut pada harga tertentu setelah 6 bulan atau lebih. Dalam prakteknya terkadang penerbitan waran dilakukan bersamaan dengan penerbitan saham dimana waran tersebut digunakan sebagai insentif atau pemanis (sweetener). Selain diterbitkan bersama saham, waran juga bisa diterbitkan bersama obligasi.
Agio : Nilai yang dimaksudkan ke dalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual dikurangi nilai par suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam akun (rekening) tersendiri yang juga bernama AGIO.
Neraca : Laporan yang menggambarkan posisi keuangan suatu perusahaan pada suatu saat tertentu, yang berisi tentang kekayaan, kewajiban dan keterangan tentang modal perusahaan.
Net Profit Margin : Rasio ini mengukur seberapa besar sumbangan penjualan terhadap laba bersih perusahaan. Rasio ini makin besar makin baik.
Nilai Nominal Saham : Suatu nilai yang menunjukkan besarnya modal suatu perusahaan yang dimual dalam Anggaran Dasar perusahaan tersebut. Nilai ini akan dicantumkan pada setiap saham yang diterbitkan.
Modal Sendiri : Jumlah keseluruhan dari Modal Ditempatkan,Agio Saham dan Laba Ditahan serta selisih penilaian aktiva bila ada.
Odd Lot : Satuan jumlah saham yang jumlahnya lebih kecil dari satuan perdagangan saham di Bursa Efek, sehingga jumlah tersebut tidak dapat diperdagangkan di pasar regular. Satuan perdagangan saham di BEJ adalah 500 saham (non-Bank) dan 5000 saham (Bank).
Operating Profit Margin : Rasio ini mengukur sebesar besar sumbangan penjualan terhadap laba operasi ini. Rasio ini makin besar makin baik.
Pasar Negosiasi : Pasar dimana perdagangan Efek dilakukan oleh Anggota Bursa dan KPEI yang ingin menjual dan membeli efek melalui kesepakatan antara Anggota Bursa Efek Jual dan Anggota Bursa Efek Beli.
Pasar Perdana (Primary Market) : Penjualan Efek untuk pertama kali kepada publik atau pada saat IPO (Initial Public Offering).
Pasar Reguler : Pasar dimana perdagangan Efek dilakukan oleh Anggota Bursa yang ingin menjual atau membeli Efek yang penyelesaiannya dilakukan pada hari (T+4), dan harga penutupan terakhirnya dibentuk oleh JATS dengan sistem "continous auction", Harga di Pasar Reguler inilah yang dijadikan patokan bagi perhitungan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Pasar Segera : Perdagangan Efek yang dilakukan oleh Anggota Bursa Efek dan KPEI yang ingin menjual atau membeli Efek yang penyelesaiannya dilakukan pada Hari Bursa berikutnya setelah terjadinya Transaksi Bursa (T+1).
Pasar Sekunder (Secondary Market) : Istilah yang menunjukkan kegiatan perdagangan Efek setelah diterbitkan dan dijual untuk pertama kali (emisi baru), jadi dilakukan setelah pasar perdana atau lebih dikenal sebagai perdagangan di Bursa Efek.
Pasar Tunai : Pasar yang disediakan bagi Anggota Bursa Efek dan KPEI yang ingin menjual atau membeli Efek yang penyelesaiannya dilakukan pada Hari Bursa yang sama dengan terjadinya Transaksi Bursa (T+0)Penasehat Investasi :Orang atau perusahaan yang mendapat izin resmi dari Bapepam untuk bertindak sebagai pemberi nasehat.
Perantara Pedagang Efek : Perusahaan yang bertindak sebagai perantara bagi pemodal yang ingin membeli atau menjual Efek di pasar modal atau bursa. Perusahaa yang sama dapat pula membeli atau menjual efek atas namanya sendiri, bilamana ia bertindak bukan lagi sebagai perantara tetapi sebagai pedagang.
Perusahaan Efek : Perusahaan yang melakukan kegiatan investasi sebagai Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek dan Manajer Investasi.
Perusahaan Publik erusahaan yang sahamnya telah dimiliki oleh sekurang-kurangnya 300 (tiga ratus) pemegang saham dan memiliki modal disetor sekurang-kurangnya Rp 3.000.000.000 (tiga milyar rupiah) atau suatu jumlah pemegang saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.
Perusahaan Tercatat (Listed Company) : Perusahaan yang saham-sahamnya tercatat atau terdaftar dan dapat diperdagangkan pada suatu Bursa Efek. Masing-masing Bursa Efek mempunyai persyaratan tersendiri bagi suatu perusahaan yang akan tercatat di Bursa tersebut.
PBV : Price to Book Value : Menggambarkan seberapa besar pasar menghargai nilai buku saham saham suatu perusahaan. Makin tinggi rasio ini berarti pasa percaya akan prospek perusahaan.
PER : Price to Earning Ratio : Menggambarkan apresiasi pasar terhadap kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. PER dihitunga dalam satuan kali. Bagi investor, semakin kecil PER semakin bagus karena berarti saham tersebut relatif murah.
Prospektus :Setiap informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar pihak lain membeli Efek. Biasanya berisi semua rincian dan fakta material mengenai Penawaran Umum dan EmitenRasio Cepat (Quick Ratio atau Acid Test Ratio) :Menunjukkan kemampuan aktiva lancar yang paling likuid (dengan mengeluarkan pos persediaan dan uang muka biaya dari aktiva lancar) mampu membiayai hutang lancar.
Rasio Lancar (Current Ratio) : Menunjukkan sejauh mana aktiva lancar dapat menutupi kewajiban lancar.
Rasio Likuiditas : Menggambarkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial jangka pendek setiap kali jatuh tempo.
Rasio Saham (Stock Ratio) : Menggambarkan kinerja saham sebagai bentuk penyertaan dalam perusahaan.
Rasio Solvabilitas : Menggambarkan kemampuan perusahaan dalam membayar semua kewajiban (lancar maupun jangka panjang) atau kewajiban-kewajiban apabila perusahaan dilikuidasi.
Rasio Profitabilitas (Rentabilitas atau Rasio Kemampulabaan) : Menggambarkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba denga kemampuan dan sumber yang dimiliki meliputi : kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan dan sebagainya.
Reksadana (mutual fund) : Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi.
Return on Equity (ROE) : Menggambarkan seberapa besar sumbangan keuntungan terhadap pemegang saham.
Return on Investment (ROI) : Menggambarkan seberapa besar laba atau return yang diperoleh atas investasi dalam bentuk aset perusahaan.
Right Issue (Penawaran Umum Terbatas) : Merupakan salah satu bentuk peningkatan modal disetor suatu perseroan. Dalam Right Issue, perusahaan menawarkan hak (right) kepada pemegang saham yang ada untuk mendapatkan saham baru yang tentu saja berarti menyetor modal dengan rasio tertentu sehingga memperoleh kesempatan untuk mempertahankan persentask kepemilikan sahamnya di dalam suatu perusahaan. Jika pemegang saham tersebut tidak mengambil haknya, maka ia dapat menjual haknya tersebut kepada investor lain. Dengan demikian di pasar modal dikenal perdagangan right.
Saham : Bukti penyertaan modal di suatu perusahaan atau merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.
Short Selling : Penjualan saham oleh seseorang dimana penjual tersebut tidak memiliki Efek tersebut atau menjual Efek yang dipinjam dari pihak lain. Hal ini sebenarnya riskan karena setiap kenaikan harga merupakan kerugian bagi investor.
Suspend (Suspensi) : Penghentian sementara perdagangan suatu saham di Bursa Efek. Penghentian ini dapat disebabkan karena permintaan Emiten sendiri atau merupakan keputusan Bursa dalam rangka memberikan perlindungan kepada investor dan dapat pula karena pengenaan sanksi oleh Bursa Efek kepada suatu EmitenScripless Trading :Sistem perdagangan tanpa warkat.
Tanggal Akhir Penjatahan (Allotment Date) : Suatu tanggal dimna hasil akhir dari proses penjatahan atas pesanan Efek akan diumumkan kepada masyarakat. Penjatahan akan muncul apabila jumlah pesanan atas Efek melebihi dari jumlah Efek yang ditawarkan.
Tanggal Efektif : Suatu tanggal yang menunjukkan tanggal dikeluarkannya Surat Pernyataan Efektif oleh Bapepam, berdasarkan surat tersebut maka perusahaan dapat melakukan Penawaran Umum kepada masyarakat.
Tanggal Pencatatan (Listing Date) : Suatu tanggal dimana suatu Efek mulai dicatatkan atau didaftarkan pada suatu Bursa Efek, yang berarti mulai tanggal itu pula Efek tersebut dapat diperdagangkan di Bursa Efek tersebut.
daftar istilah dalam ekonomi
DAFTAR ISTILAH DAN SINGKATAN
Cash ratio adalah perbandingan antara alat-alat likuid yang dikuasai dengan kewajiban-kewajiban yang segera dapat dibayar (current liabilities).Kebijakan suku bunga yang dimaksud, baik dalam bentuk simpanan maupun kredit, lebih bersifat tidak langsung dalam arti Bank Indonesia hanya memberikan pedoman saja kepada perbankan.credit allocation atau dikenal juga sebagai selective credit control, merupakan pengaturan Bank Indonesia terhadap arah pemberian kredit sesuai dengan prioritas pembangunan maupun jumlah total pemberian kredit menurut sektor ekonomi yang perlu dibantu oleh perkreditan Bank Indonesia.
Warkat debit. Adalah warkat bank peserta lain yang diterima di loket sendiri atau yang dapat menimbulkan tagihan bank pada peserta lain.
Warkat kredit. Adalah warkat bank peserta sendiri yang diterima di loket, dengan maksud untuk dipindahbukukan ke rekening lain di bank peserta lain
Bank
Bank, badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyakDepresiasi (depreciation); Suatu tahap dari siklus ekonomi yang ditandai oleh penurunan tingkat kegiatan ekonom Perkembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah (PEKDA) Provinsi GorontaloTriwulan IV Tahun 2007
1
Inflasi Kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan bersifat persisten. Perubahan (laju) inflasi umumnya diukur dengan melihat perubahan harga pada sejumlah barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat, seperti tercermin pada perkembangan indeks harga konsumen (IHK). Berdasarkan faktor penyebabnya, inflasi dapat dipengaruhi baik dari penawaran maupun dari permintaan.Food Inflation Inflasi yang disebabkan oleh perubahan harga dari jenis barang-barang makanan.
Administered Inflation Inflasi yang disebabkan oleh perubahan harga sekelompok barang yang harganya diatur/ dikendalikan oleh pemerintah, seperti: BBM, Tarif listrik, telpon, dll.Traded Inflation Inflasi yang diukur berdasarkan perubahan harga kategori barang yang dapat diperdagangkan secara international.Inflation Month to Month Perbandingan atau nisbah indeks harga konsumen pada bulan yang diukur dengan IHK pada bulan sebelumnya (inflasi bulanan), dan sering disingkat (m-t-m)
Inflasi Year to Date Inflasi kumulatif merupakan inflasi yang mengukur perbandingan harga (nisba) perubahan harga indeks konsumen bulan bersangkutan dibandingkan akhir bulan pada tahun sebelumnya, sehingga merupakan angka total dan disingkat (y-t-d) Perkembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah (PEKDA) Provinsi GorontaloTriwulan IV Tahun 2007
Inflasi Year on Year Atau inflasi tahunan adalah Inflasi yang mengukur perbandingan harga (nisbah) perubahan harga indeks konsumen bulan bersangkutan dibandingkan IHK pada bulan yang sama tahun sebelumnya, atau sering disingkat (Y-o-Y)
Inflasi Quarter to Quarter Atau inflasi triwulan adalah inflasi yang mengukur perbandingan harga (nisbah)/perubahan indeks harga konsumen pada akhir triwulan yang bersangkutan dibandingkan IHK akhir triwulan sebelumnya, atau sering disebut (q-t-q)
PDB dan PDRB Atau produk domestik bruto, sedangkan untuk skala daerah (kota/kebupaten) disebut PDRB (produk domestic regional bruto)
M1 Disebut sebagai narrow money (uang beredar dalam arti sempit), terdiri dari uang kartal dan uang giralM2 Disebut broad money atau uang beredar dalam arti luas, merupakan indicator tingkat likuiditas perekonomian, terdiri dari uang kartal, uang giral dan uang kuasi (tabungan dan deposito baik dalam mata uang rupiah maupun asing).
Mo Disebut uang primer (base money) merupakan kewajiban otoritas moneter (di dalam neraca bank sentral), terdiri dari uang kartal pada bank umum dan masyarakat ditambah dengan saldo giro bank umum dan masyarakat dibank sentral.
Uang Kartal Uang kertas dan uang logam yang berlaku, tidak termasuk uang kas pada kas negara (KPKN) dan bank umum.
Uang Giral Terdiri dari rekening giro masyarakat masyarakat dibank, kiriman uang, simpanan berjangka dan tabungan yang Perkembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah (PEKDA) Provinsi Gorontalo Triwulan IV Tahun 2007 sudah jatuh tempo yang seluruhnya merupakan simpanann penduduk dalam rupiah pada sistem moneter.
NIM Singkatan dari Net Interest Margin adalah selisih antara pendapatan bunga yang diperoleh oleh bank dengan biaya bunga yang harus dibayar.
NPLs Singkatan dari non performing loan disebut juga kredit bermasalah, dengan kolektibiltas kurang lancar (3), diragukan(4) dan macet (5) menurut ketentuan BI.
Restrukturisasi kredit Upaya yang dilakukan bank dalam kegiatan usaha perkreditan agar debitur dapat memenuhi kewajibannya yang dilakukan antara lain dengan melalui : restrukturisasi, re-scheduling atau konversi kepemilikan.
UMKM Singkatan dari Sektor Usaha Mikri, Kecil Menengah yang mempunyai skala pinjaman antara Rp50 Juta s/d Rp 5 Milyar.
UYD Singkatan dari uang yang diedarkan, adalah uang Kartal yang berada dimasyarakat ditambah dengan uang yang berada di kas bank.
Inflow Uang kartal yang masuk ke BI, melalui kegiatan setoran yang dilakukan oleh bank umum.
Outflow Uang kartal yang keluar dari BI melaui proses penarikan uang tunai bank umum dari giro di BI atau pembayaran tunai melalui BI.
Netflow Selisih antara outflow and inflow.PTTB Pemberian tanda tidak berharga, adalah bagian dari kegiatan untuk menarik uang yang sudah tidak layak edar, sehingga uang yang disediakan oleh BI tersebut dapat berada dalm kondisi layak dan segar (fit for circulation) untuk bertransaksi.
Berikut Ini istilah-istilah dalam akuntansi:
1. Aktiva lancar adalah jenis aktiva yang dapat digunakan dalam jangka waktu dekat, biasanya satu tahun
2. Kas adalah uang tunai yang yang siap digunakan dan bebas digunakan setiap saat baik yang ada dalam perusahaan maupun saldo rekening giro perusahaan yang terdapat dalam bank.
3. Piutang usaha adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutan pada seseorang, suatu perusahaan atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut.
4. Piutang lain-lain adalah timbul karena transaksi selain dari kegiatan usaha utama perusahaan, misalnya penjualan aktiva perusahaan, pemberian pinjaman kepada karyawan.
5. Persediaan adalah setiap sumberdaya yang disimpan yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan pada saat ini atau masa depan.
6. Biaya dibayar dimuka adalah bagian dari asset perusahaan dalam kelompok aktiva lancar , yang merupakan klaim kepada pihak tertentu yang pelunasannya dalam bentuk selain kas, karena itu tidak dikelompokkan kedalam kelompok piutang.
7. Pajak dibayar dimuka merupakan kelebihan pembayaran pajak, misalnya pajak pertambahan nilai, yang akan ditagih kembali atau dikompensasikan terhadapkewajiban pajak pada masa berikutnya.
8. Aktiva tidak lancar adalah jenis aktiva yang diharapkan dapat digunakan selama lebih dari satu tahun.
9. Aktiva pajak tangguhan adalah jumlah pajak penghasilan terpulihkan (recoverable) pada periode mendatang sebagai akibat adanya perbedaan temporer (temporary differences) yang boleh dikurangkan dan sisa kompensasi kerugian (berasal dari koreksi positif).
10. Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang memiliki umur lebih dari satu tahun dan tidak mudah diubah menjadi kas.
11. Aktiva tidak berwujud adalah jenis aktiva yang tidak memiliki wujud fisik. Jenis utama aktiva tidak berwujud adalahhak cipta, paten, merek dagang, rahasia dagang dan goodwill.
12. Kewajiban lancar adalah kewajiban-kewajiban yang akan jatuh tempo dalam satu tahun atau dalam satu periode kegiatan normal perusahaan.
13. Hutang usaha adalah kewajiban yang timbul karena pembelian jasa atau barang secara kredit.
14. Hutang pajak adalah pajak yang masih harus dibayar termasuk sanksi administrasi berupa bunga, denda ataukenaikan yang tercantum dalam surat ketetapan pajak atau surat sejenisnya.
15. Biaya yang masih harus dibayar adalah beban yang sudah terjadi tetapi belum dibayar, misalnya utang sewa, utang gaji dan utang bunga.
16. Hutang lain-lain adalah hutang yang tidak termasuk hutanglancar maupun hutang jangka panjang. Misalnya utang kepada direksi dan utang kepada pemegang saham.
17. Kewajiban tidak lancar adalah kewajiban keuangan yang jangka waktu pembayarannya masih jangka panjang (atau lebih dari satu tahun)
18. Hak minoritas adalah hak yang dimiliki oleh pemegang saham kecil.
19. Ekuitas adalah nama lain untuk aktiva-aktiva yang berwujud (seperti kas, aktiva lancar, modal kerja dan modal ekuitas itu sendiri) maupun yang tidak berwujud (seperti hak paten) pada sebuah perusahaan. Ekuitas adalah seluruh kekayan yang dimiliki oleh perusahaan jika tiba-tiba perusahaan menghentikan kegiatan usahanya.
20. Modal saham terdiri terdiri atas saham biasa dan saham prioritas (saham preferren)
21. Agio saham adalah selisih antara harga jual terhadap terhadap harga nominal saham pada saat perusahaan melakukan penawaran umum di pasar perdana.
22. Penjualan bersih menunjukkan sumber utama uang yang diterima oleh bisnis dan pelanggan untuk barang dan jasa yang diberikan.
23. Harga pokok penjualan adalah seluruh biaya yang dikeluarkan memperoleh barang yang dijual atau harga dari barang yang dijual.
24. Laba kotor adalah selisih antara penjualan bersih dengan harga pokok penjualan. Disebut laba kotor karena jumlah ini masihharus dikurangi dengan biaya-biaya usaha.
25. Beban usaha adalah pengorbanan yang langsung berhubungan dengan kegiatan usaha.
26. Laba usaha adalah balas karya untuk pekerjaan yang dilakukan sebagai "pengusaha" yaitu mengorganisir produksi, mengambil keputusan tentang kombinasi faktor produksi serta menanggung resikonya sendiri.
27. Penghasilan/beban lain-lain adalah seluruh penghasilan, yaitu gaji dan tunjangan termasuk fasilitas yang berbentuk uang yang anda peroleh setiap bulan atau setiap tahun.
28. Laba sebelum pajak penghasilan adalah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan sebelum membayar pajaknya.
29. Beban pajak penghasilan adalah pengorbanan yang langsung berhubungan dengan penghasilan yang diperoleh oleh sebuah perusahaan.
30. Laba sebelum hak minoritas adalah keuntungan yang diperoleh sebelum pembagian dividen kepada pemegang saham kecil.
31. Hak minoritas atas bagian rugi/laba bersih anak perusahaan adalah jumlah yang akan diberikan kepada para pemegang saham kecil.
32. Laba bersih adalah selisih lebih semua pendapatan dan keuntungan terhadap semua biaya kerugian.
33. Laba bersih per saham dasar adalah selisih lebih semua pendapatan dan keutungan terhadap semua biaya kerugian dibagi dengan saham utama.
HomePosts RSSComments RSSEditDigg

AMAZON STORE
ELECTRONICS & OFFICE, JEWELRY, BOOKS, COMPUTERS & OFFICE, MUSIC-MOVIES-GAMES, HOME-GARDEN, HEALTH-BEAUTY-GROCERY, TOYS-KIDS-BABY, SPORTS-OUTDOORS, TOOLS-AUTOMOTIVE-INDUSTRIALS-HARDWARE,

HYPERLINK "http://sistem-akuntansi1000.blogspot.com/2010/05/istilah-istilah-akuntansi.html" ISTILAH - ISTILAH AKUNTANSI
Senin, 17 Mei 2010
Berikut istilah-istilah sebagai informasi penambah pengetahuan :A• ACCOUNT = Perkiraan• ACCOUNT RECEIVABLE = Piutang Dagang• ACCOUNT FROM = Bentuk Perkiraan• ACCOUNT NOT CURRENT = Pos-pos yang tidak lancar• ACCOUNT PAYABLE = Hutang Lancar• ACCOUNT PAYABLE LEDGER= Buku besar hutang• ACCOUNT RECEIVABLE STATEMENT= Dartar piutang usaha• Account Payable Subsidiary Ledger = Buku tambahan piutang• ACCOUNTANT = Akuntan• ACCOUNTANT FEE EXPENSE = Biaya akuntan• ACCOUNTANT PUBLIC = Akuntan publik• ACCOUNTING = Akuntasi• ACCOUNTING ASSUMPTION = Asumsi akuntansi• ACCOUNTING CYCLE = Sirklus akuntansi• ACCOUNTING DATA = Data akuntansi• ACCOUNTING DEPARTMENT = Departemen akuntansi• ACCOUNTING EQUATION = Persaman akuntansi• ACCOUNTING INCOME = Laba akuntansi• ACCOUNTING INFORMATION = Informasi akuntansi• ACCOUNTING INSTRUCTION = Intruksi akuntansi• ACCOUNTING MANAGEMENT = Manajement akuntansi• ACCOUNTING METHOD = Metode akuntansi• ACCOUNTING PERIOD = Periode akuntansi• ACCOUNTING PRINCIPLE = Akuntansi dasar• ACCOUNTING PROCEDURE = Prosedur akuntansi• ACCOUNTING RESPONSIBILITY = Akuntansi pertanggung jawaban• ACCOUNTING SYSTEM = Sistem akuntansi• ACCOUNTS INTER COMPANY = Rekening antar perusahan• ACCRUED EXPENSE = Biaya yang akan di bayar• ACCRUED EXPENSE PAYABLE = Beban terhutang• ACCRUED PAYROLL PAYABLE = Utang gaji• ACCRUED INTERS PAYABLE = Bunga terhutang• ACCRUED REVENUE = Pendapatan yang akan diterima• ACCRUED TAX PAYABLE = Hutang pajak• ACCRUED WAGES PAYABLE = Upah terhutang• ACCUMULATED DEPLETION = Akumulasi deplesi• ACCUMULATED DEPRECIATION = Akumulasi penyusutan• ACTUAL AMOUNT = Jumlah sesungguhnya• ACTUAL COST ( arti islilahnya ) Biaya sesungguhnya• ACTUAL FACTORY OVERHEAD = Beban overhead sesungguhnya• ACTUAL LIABILITY=Hutang nyata• ACTUAL PRICE= Harga sesungguhnya• ACTUAL QUANTITY = Kwalitas sesungguhnya• ADJUSTED BALANCE = Saldo setelah penyesuaian• ADJUSTED TRIAL BALANCE = Neraca saldo penyesuaian• ADJUSTING ENTRIES = Ayat jurnal penyesuaian• ADDITIONAL COST ( istilahnya ) Biaya tambahan• ADVANCE FROM CUSTOMER = Uang muka langganan• ADVANCE ACCOUNTING = Akuntansi lanjutan• ADVERTISING EXPENSE = Biaya iklan• ADVERSE OPINION = Pendapatan tidak wajar• Allowance for inventory decline to market = Cadangan penurunan nilai persediaan• ALLOWANCE METHOD ( artinya ) Metode cadangan• ALLOWANCE ACCOUNT = Perkiraan cadangan• ALLOWANCE FOR BAD DEBT = Cadangan piutang tak tertagih• ALLOWANCE FOR DOUBT FULL ACCOUNT = Cadangan pitang ragu-ragu• ALLOWANCE FOR OVERVALUATION OF BRANCH MERCHANDISE = Cadangan kenaikan harga barang cabang• AMORTIZATION = Penyusutan atas harta tak berwujud• APPLIED FACTORY OVERHEAD COST = Biaya overhead yang dibebankan• ANNUAL REPORT ( istilah ) Laporan tahunan• ASSET ( istilah ) Harta• ASSET APPROACH = Pendekatan aktifa• ASSET ACCOUNT = Perkiranan harta• AUDIT FEE = Pendapatan audit• ASSUME = Asumsi• AUDIT EXPENSE = Biaya audit• AUDIT PROGRAMME = Program pemeriksaan• AUDIT PROCESS = Proses pemeriksaan• AUDIT PLANNING = Rencana pereiksaan• AUDITOR ( islilahnya ) Pemerikasa keuangan• AUDITING = Pemeriksaan keuangan• AVERAGE METHOD = Metode rata-rataB• BALANCE SHEET ( arti istilahnya ) Neraca• BALANCE PER BANK = Saldo menurut bank• BALANCE PER BOOK = Saldo menurut buku• BALANCE SHEET ACCOUNT = Perkiraan neraca• BALANCE AMOUNT = keseimbangan jumlah• BANK PAYABLE = Hutang bank• BALANCE BEFORE LIQUIDATION = Saldo sebelum likuidasi• BANK RECONCILIATION = Reconsiliasi bank• BANK SERVICE CHARGE = Bedan administrasi bank• BANK STATEMENT = Rekening koran• BIN CARD ( artinya ) Kartu gudang• BASIC FINANCIAL STATEMENT = Laporan keuangan pokok• BEGINNING BALANCE = Saldo awal• BETTERMENT = Perbaikan• BOOK VALUE = Nilai buku• BOOK VALUE OF ASSET = Nilai buku aktifa• BOOK VALUE PER SHARE = Nilai buku per saham• BRANCH ( istilah akuntansi ) Cabang• BRANCH MERCHANDISE = Barang dagangan cabang• BRANCH PROFIT = Keuntungan cabang• BREAK EVENT = Pulang pokok• BREAK EVEN PIONT = Titik pulang pokok• BREAK EVEN SALES = Penjualan pulang pokok• BUDGET ( arti istilahnya ) Anggaran• BUDGET VARIANCE = Selisih anggaran• BUDGET FLEXIBLE = Anggaran flexsibel• BUDGET FIXED = Anggaran tetap• BUDGET CYCLE = Siklus Anggaran• BUDGET BALANCE SHEET = Anggaran neraca• BY PRODUCT = Produksi sampingan• BUILDING ( istilahnya ) Gedung• BUSINESS ENTITY = Kesatuan usahaC• CAPITAL ( info intilah ) Modal• CAPITAL STATEMENT = Laporan perubahan modal• CAPITAL STOCK = Modal saham• CASH = Kas• CASH BUDGET = Anggaran kas• CASH COUNT = Perhitungan kas• CASH DISBURSEMENT JOURNAL = Jurnal pengeluaran kas• CASH DISCOUNT = Potongan yang diberikan atas pembayaran tunai• CASH FLOW ( info intilahnya ) Alur kas• CASH FLOW CYCLE = Siklus alur kas• CASH IN BANK = Kas dalam bank/kas di bank• CASH ON HAND = Kas di tangan• CASH IN TRANSIT = Kas dalam perjalanan• CASH PAYMENT JOURNAL = Buku kas pengeluaran• CASH RECEIPT JOURNAL = Buku kas penerimaan• CASH SALES = Penjualan tunai• CLOSING ENTRIES = Ayat jurnal penutup• COST = Biaya• COST ACCOUNTING = Akuntansi biaya• COST OF GOODS AVAIBLE FOR SALES = Harga pokok barang tersedia untuk dijual• COST OF GOODS MANUFACTURED = Harga pokok produksi• COST OF GOODS SOLD = Harga pokok barang yang di jual (Harga Pokok Penjualan)• CURRENCY = Mata uang• CURRENCY ASSET = Harta lancar• CURRENCY LIABILITIES = Hutang jangka pendekD• DEBIT NOTE = Nota debet• DEBIT BALANCE = saldo debet• DEDUCTION = Pengurangan• DEFECTIVE GOODS = Produk rusak• DEFERRED GROS PROFIT ON REALIZATION = Laba kotar yang belum direalisasikan• DELIVERY EXPENSE = Biaya pengankutan• DEPOSIT SLIP = Bukti setoran• DEPRECIATION = Penyusutan• DEPRECIATION EXPENSE = Biaya penusutan• DETERMINING DEPRECIATION = Penetapan penyusutan• DIRECT COSTING = Penetapan biaya langsung• DIRECT DEPARTMENT OVERHEAD EXPENSE = Beban/biaya overhead departemen lansung• DIRECT EXPENSE = Biaya langsung• DIRECT LABOR COST BUTGET = Biaya anggaran buruh langsung• DIRECT TAXES = Pajak langsung• DIRECT WRITE OFF = Penghapusan langsung• DISCOUNT = Potngan ( harga )• DISSOLUTION = Pembubaran• DIVIDEND STOCK = Deviden saham• DOUBLE ENTRY SYSTEM = Sistem pembukuan berpasangan• DRAFT ( info ) = Wesel• DUE DATE = Tanggal jatuh tempoE• EARNED = Pendapatan• EARNING AFTER INTEREST AND TAXES = Pendapatan sesudah bunga dan pajak• EARNING AFTER TAX = Pendapatan sesudah pajak• ECONOMIC LIFE = Umur ekomoni• ECONOMIC ORDER QUANTITY = Jumlah pembelian optimal• EMERGENCY WORKING CAPITAL = Modal kerja darurat• EMPLOYEE EARNING STATEMENT = Laporan gaji karyawan• END OF MONTH TRIAL BALANCE = Daftar saldo akhir bulan• ENDING BALANCE = Saldo akhir• ENDING INVENTORY = Persediaan akhir• ENTERTAIMENT EXPENSE = Biaya entertain• ENTRY = Ayat• EQUIPMENT = Peralatan• EQUITIES = Kekayaan• EQUITY IH INCOME OF SUBSIDIARY COMPANY = Laba atas anak perusahaan• ESTIMATE VALUE = Nilai taksir• ESTIMATED GROSS PROVIT = Taksiran laba kotor• EVIDENCE = Bukti-bukti• EXCEPT = Pengecualian• EXCESS OF COST OVER BOOK VALUE OF SUBSIDIARY INTEREST = Selisih lebih harga pokok di atas nilai buku• EXCESS VALUE = Nilai lebih• EXCHANGE RATE = Nilai tukar• EXPECTED ACTUAL CAPACITY = Kapasitas yang sesungguhnya di harapkan• EXPECTED RATE OF RETURN = Tingkat pengembalian yang diinginkan• EXPIRED = Kadarluasa• EXPENSE = Biaya• EXTERNAL AUDIT = Pemeriksaan ekternal• EXTRA ORDINARY GAIN = pembelajan yang luar biasa• EXTRA ORDINARY LOSS = Kerugian yang luar biasa• EXTRA ORDINARY REPAIRS = Perbaikan luar biasa• EXTRA ORDINARY RETIREMENT = Penarikan aktiva sebab luar biasaF• Fiscal Year = Tahun pajak• Fixed asset subsidiary ledge = Buku tambahan harta tetap• Fixed asset turnover = Perputaran harta tetap• Fixed capital asset = Modal kerja tetap• Fixed cast = Biaya tetap• Fixed efficency variance = Penyimpangan effisiensi yang tetap• Fixed factory overhead = Overhead pabrik yang tetap• Flexible budget = Anggaran yang berubah-ubah• Floor = Batasan bawah• Flow of cost = Aliran biaya• Flow of document = Peredaran dokumen• Flow of funds = Aliran dana• Flow of work = Peredaran kerja• Flowchart = Daftar aliran• Fluctualing method = Metode fluktuasi• Fluctuating fund = Dana berubah-ubah• Foot note = Catatan kaki• Forecast balance sheet = Ramalan neraca• Forecast income statement = Taksiran rugi laba• Form = Formulir• Four collumn ccount = Jurnal empat kolom• Fraud = kecurangan• Freight in = Ongkos angkut pembelian• Freight on material purchasas = Beban angkut pembelian bahan• Freight out = Ongkos angkut penjualan• Funds = Dana• Funds statement = Laporan sumber dan pengunan dana• Furniture & fixture = Peralatan• Fusion = PenggabunganG• General Accounting = Aukuntansi Umum• General Ledger = Buku besar• General Journal = Jurnal umum• General And Administrative Expense = Biaya umum dan administrasi• General Examination = Pemeriksaan umum• General Assigment = Penegasan umum• Government financial = Keuangan penerintah• Government accunting = Akuntansi pemerintah• Gross Method = Metode Kotor• Gross loss = Rugi kotor• Gross Profit Laba kotor• Gross Profit Analysist = Analisa laba kotor• Gross provfi metho = Metode laba kotor• Gross Profit on sales = Laba kotor atas penjualan• Gross Working Capital = modal kerja kotor• Group Code = Kode kelompok• Go Publik Compony = Perusahan yang menjual saham ke masyarakatH• Heating and lighting expense = Biaya pemanasan dan penerangan• Hidden Reserves = Cadangan rahasia• Historical cost Accounting = Harga perolehan historis• Historical cost = Biaya Historis• Home office = kantor pusat• Horizon Analyst = Analisa mendatar• Human Resource Accounting = Akuntansi sumber daya manusiaI• Income = laba• Income After Tax = Laba sesudah pajak• Income From Joint Venture = Laba usaha patungan• Income From Operation = Laba usaha• Income Sharing Agreement = Persetujuan penbagian laba• Income Statement = Laporan rugi laba• Income Statement Account = Pendekatan laba rugi• Income Summary = iktiar rugi laba• Incremental cost = Biaya tambahan• Independent Auditor Report = Laporan pemeriksaan bebas• Indirect Expense = Biaya tak langsung• Indirect Departemental Expense = Biaya departemen tak langung• Indirect factory cost = Biaya pabrik tak langsung• Indirect Labor = Tenaga kerja tak langsung• Inderect Material = Bahan baku tak langsung• Indirect Operatiing Expense = Biaya usaha tak langsung• Individual Priprietorship = perusahan perorangan• Inflation = Inflansi• Information = informasi• Information System = Sistem informasi• Initial Inventory = Persediaan awal• Initial Audit = Pemeriksaan awal/pertama kali• Input Tax = Pajak masukan• Installation Cost = Biaya instalasi atau pemasangan• Installment = Angguran atau cicilan• Installment Contract Receivable = Piutang penjualan cicilan• Installment Method = Metode cicilan• Installment Payable = Hutang cicilan• Installment Term Debt = Utang jangka menengah• Insurance Expense General = Biaya asuransi unum• Insurance expense selling = Biaya asuransi penjualan• Intagible Asset = Aktiva tak berwujud• Intangible Fixed Assets = Aktiva tetap tak berwujud• Intercompany Loans = Pinjaman antar perusahan• Interest = Bunga• Interest Baering Note = Wesel berbunga• Interest Expense = Biaya bunga• Interest Factor = Faktor bunga• Interest Income = Pendapatan bunga• Interest ayable = Hutang bunga• Interest Receivable = Piutang bunga• Interim Statement = Laporan sementara• Internal Audit = Pemeriksan Intern• Internal Auditor = Pemeriksan internal• Internal Control = Pengawasan internal• Internal Control Questioary = Pertanyaan pengendalian Intern• Internal Finacing = Pembiayan internal• Inventory = Persediaan• Inventory Balance = Saldo Persedian• Inventory of Material = Persediaan Bahan Mentah• Inventory Trun Over = Perputaran persediaan• Inventory Valuation = Penilaian Persediaan• Invesment In Fund = Investasi dalam dana• Invesment In Bond = Investasi dalam obligasi• Invesment In Joint Venture = Investasi dalam usaha patungan• Invesment In Land = Investasi dalam bentuk tanah• Invesment In life Insurance = Investasi dalam bentuk asuransi jiwa• Invesment In Stock = Investasi saham• Investor = Orang yang menanamkan modal• Invoice = FakturJ• Job order cost = Biaya pesanan• Job order cost sheet = Kartu biaya pesanan• Job order cost system = Sistem biaya pesanan• Job time ticket = Kartu jam kerja• Joint cost = Biaya gabungan• Joint cost of capital = Biaya penggunan modal bersama• Joint product = Produksi gabungan• Joint venture = Usaha patungan• Joint venture books = buku-buku usaha patungan• Journal = Buku harian• Journal entry = Ayat-ayat jurnal• Journalizing = menjurnal/ penjurnalan• Judgment sample = Sampel pertimbanganL• Labor = Tenaga kerja• Labor budget = Anggaran tenaga kerja• Labor cost = biaya tenaga kerja• Labor cost control = pengendalian biaya tenaga kerja• Labor cost report = Laporan biaya tenaga kerja• Labor efficiency ratio = Rasio effiensi tenaga kerja• Labor efficiency stasndar = Standar effisinsi tenaga kerja• Labor efficiency Variance = Selisih effiensi upah• Labor Fringe benefit = Pendapatan yang diterima tenaga kerja• Labor performance report = Laporan pelaksanan kerja• labor rate variance = Penyimpangan tarif tenaga kerja• Land = Tanah• Land right = Hak atas tanah• Last in first out ( LIFO ) = Masuk pertamakeluar pertama• Lease = Sewa• Lease agreement = Kontrak sewa guna• Leaseing = Sewa guna• Ledger = Buku besar• Legal capital = Modal resmi• Lessee = Pihak yang menyewakan guna barang• Lessor = Pihak yang menyewa guna barang• letter of comments = Surat komentar• Letter of transmettal = Surat penyerangan• Liabilities = Kewajiban• Limited liabilty = Tanggung jawab terbatas• Liquidating deviden = Deviden likiudasi• liquidity = Kemampunan bayar hutang jangka pendek• Long from report = Laporan akuntansi betuk panjang• Long run proof = Pengecekan jangka panjang• Long term debets = Utang jangka panjang• long term debet to equity ratio = Rasio utang jangka panjang terhadap modal sendiri• Long term investment = Investasi jangka panjang• Long term liabilities = Hutang jangka panjang• Loss = rugi• loss from operation = Rugi usaha• Loss on realization = Realisasi kerugian• Loss on reduction of inventory = Rugi penurunan nilai persdiaan• Loss on repossession = Rugi penarikan kembali• loss on sale of invesment = Rugi penjualan investasi• Loss on trade in = Rugi pertukaran• Loss unit = Unit yang hilang• Lower cost or market = Harga beli atau harga pasar yang lebih rendah• Lumsump purchase = Pembelian secara bulatM• Machine = Mesin• Maintenance Cost = Biaya pemeliharana• Maintenance Departement Butget = Anggaran departeman pemeliharan• Maintenance Expense = Biaya pemeliharan• Management Accounting = Akuntansi manjemen• Management Advisory Service = Pelayanan Konsultasi perusahan• Management Audit = Pemeriksaan manajemen• Management By Exception = Manjemen dengan pengecualian• Manufacturer = Pabrikan• Manufacturing Company = Perusahan pabrikan• Manufacturing Cost = Biaya pabrikasi• Manufacturing Overhead = Overhead pabrik• Markdown cancellation = Pembatalan penurunan harga• Market Rate = Harga pasar• market Value = Harga pasar• Market Value At Split Off = Harga jual pada titik pisah• Market Value Of Rights = Harga jual hak beli saham• Market Value Of Stock Ex Right = Harga pasar saham tampa hak beli saham• Marketable securities = surat berharga• Marketing = Pemasaran• Marketing Department = Departemen pemasaran• Marketing Expense = Biaya pemasaran• Markup Cancellation = Pembatalan kenaikan harga• Matching Cost With revenue = Penetapan pendapatan dan biaya• Material = Bahan baku• Material Account = Perkiraan bahan baku• Material in Control = pengendalian bahan baku• Material in Process = Bahan baku dalam proses• Material ledger = Buku besar bahan baku• Material Ledger Card = Kartu bahan baku• Material Mix Variance = Selisih komposisi bahan• Material Price variance = Penyimpangan harga bahan baku• Material Usage prince Variance = Sesilsih harga pemakainan bahan• Material Yield Variance = Selisih hasil bahan• Material Requisition = Permintaan bahan baku• Medical Expense = Biaya pengobatan• Merchandise Inventory = Persediaan barang dagangan• Merchandise Inventory Turnover = Perputaran persedian barang dagangan• Merchandise Shipment on Consigment = Pengiriman barang konsinyasi• Merchandise Company = Perusahan Dagang• Mixed Account = Rekening campuran• Mixed Opinion = Pendapat Campuran• Mortgage Bond = Obligasi Hipotik• Mortgage Payable = Hutang hipotik• Moving Average = Rata rata bergerakN• National Association of Accounting = Asosiasi akuntan nasional• Natural Bussiness year = Tahun bisnis alami• Negative Assurance = Jaminan negatif• Net Asset = Aktifa bersih• Net earning =Pendapatan bersih• Net Income = Keuntungan bersih• Net Income After Tax = Keuntungan bersih setelah pajak• Net Loss = Kerugian bersih• Net Method = Metode Bersih• Net Profit = Laba bersih• Net Purchase = Pembelian bersih• Net Realizable Value = Nilai bersih yang dapat direalisasikan• Net Sales = Penjualan bersih• Net Worth = Kekayan bersih• Nominal Accounts = Perkiraan nominal• Nominal Value = Nilai nominal• Normal Balance= istilah = Saldo normal• Not Sufficient Fund = Dana tidak mencukupi• Note Payable = Wesel bayar• Note Receivable = Wesel tagih• Note of Financial Statement = Catatan atas laporan keuangan• Notice of Employment = Surat perjanjian kerja.O• Observation of Inventory = Pengamatan persediaan• Observation Of Inventory Taking = Pengamatan perhitungan persediaan• Occupancy Cost = Biaya pendiaman atau penetapan• Office Equipment = Peralatan kantor• Office Salaries Expense = Biaya gaji bagian kantor• Office Supplies = perlengkapan kantor• Office Supplies Expense = Biaya perlengkapan kantor• One Time Voucher procedure = Prosedur pembuatan voucher sekaligus• One Write System = Sistem sekali tulis• Open Item Statement = surat pernyatan elemen-elemen terbuka• Operating Assets = Akifa atau modal oprasi• Operating Expense = Biaya usaha• Operating Sales Budget = Anggaran operasional penjualan• Operating Transaction = Transaksi operasional• Opinion = Pendapat• Opportunity Cost = Biaya kesempataan• Ordering Cost = Biaya Pesanan• Ordinary Repair = Reperasi luar biasa• Organization Chart = Stuktur Ogranisasi• Other General Expense = Biaya umum lainya• Other Longterm Liabilities = Hutang jangka panjang lainnya• Out Of Pocket Cost = Biaya kantong sendiri• Out Tax = Pajak keluaran• Outlay = Pengeluaran• Outstanding check = Cek beredar• Out standing Stock = Saham yang beredar• Over Time = Lembur• Over All Cost Of Capital = Biaya penggunan modal Rata-rata• Over Applied Factory Overhead = Kelebihan aplikasi overhead pabrik• Over draft = Kelebihan penarikan• Over Stated = Terlalu tinggi• Owners Equity = Modal pemilik• Onnership Right = Hak pemilik perusahan.P• Partner in Charge = Partner utama• Partnership =Persekutuan• Payable = Hutang• Payable to Defaulting Sub souder = Hutang kepada pemesanan saham• Payment = pembayaran• Percentage Depletion = Deplesi persentase• Perferred St0ck holder = Pemegang saham istimewa• Performence Report = Laporan pelaksanaan• Premium =Agio• Premium of Prepered Stock = agio Saham preferen• Premium on Bonds Payable = Agio olbigasi• Premium on stock = Agoi saham• Prepaid Advertising = Iklan dibayar dimuka• Prepaid expense = Biaya dibayar dimuka• Prepaid Insurance = Asuransi dibayar dimuka• prepaid Transportation = Transportation sewa dibayar dimuka• Prepayment = pembayaran dimuka• Price Index = Indek harga• Primary working capital = Modal kerja perimer• Process Cost = Biaya proses• Profssional Fess = pendapatan profesional• Profit = laba• Proforma = Proyeksi• Progress Billing to Costomer = harga kontrak yang difakturkan• Property = Kekayan• Property Tax = Pajak keayaan• Purchase = pembelian• Purchase Discount = Potongan pembelian• Purchase Invoice = Faktur pembelian• Purchase journal = Buku harian pembelian• Purchase Method = Metode pembelian• Purchase order =Pesanan pembelian• Purchase Requistion = Permintaan pembelianQ• Qualified Opinion = Pendapat wajar tanpa syarat• Quick Ratio = Ratio aktiva tunaiR• R & D Cost = Biaya riset dan pengembangan• Rate of Return = Tingkat pengembalian• Rate of Return on Net Worth = Rentabilitas modal sendiri• Ratio Analysist = analsa ratio• Ratio of Plant Asset to Long term Liability = Perbandingan harga tetap dengan hutang jangka panjang.• Raw Material = Bahan mentah• Raw Material Investory = Persedianan bahan mentah• Raw Material Price Variance = Penyimpangan harga bahan mentah• Realized Gross profit On Installment Sales = Realiasai laba kotor• Re Arrangement = penyusunan kembali• Receivable = Piutang• Receivable Collection Budget =Budget pengumpulan piutang• Receivable Trun Over = Perputaran piutang• Receivable Write Off = Penghapusan piutang• Receiving Account = Laporan penerimaan barang• Reciprocal Account = Perkiraan berlawanan• Recovable From Insurance Companies = Piutang kepada asuransi• Redemption of bound = Penghentian obligasi• Redemption value = Nilai penarikan• Refference = Petunjuk• Registered Bonds = Daftar obligasi• Related Partty transaction = Transaksi dengan pihak yang mempunyai hubungan yang istimewa• Reliability = Dapat dipercaya• Rent Earned = Pendapatan sewa• Rent Income = Pendapatan sewa• Re Odrder Point = Titik pesanan kembali• Repair And Maintenance Expense = Biaya perbaikan dan pemeliharan• Repeat Audit = Pemeriksaan yang berulang• Replacement Cost = Nilai ganti• Report = Laporan• Report Form = Formulir laporan• Report Frorm Balance Sheet = Neraca bentuk laporan• Representative Letter Client = Surat pernyatan pelayanan• Required Rate of Return = Tingkat pengembalian yang di inginkan• Resaerch and Development Budget Reserve = Anggaran riset dan pengembangan cadangan• Residual Value = Nilai sisa• Responsibility Accounting = Akuntansi pertanggung jawaban• Responsibility Center = Pusat pertanggung jawaban• Responsibility Reporting Restated = Laporan pertnggung jawaban disajikan kembali• Restrition of Diveden = Pembatasan deviden• Retail Lifo Inventory Method = Metode harga eceran• Retail Merchandsing = barang dagangan dijual dengan eceran• Retail Method = Metode eceran• Retained Earning = Laba yang ditahan• Retained Earning Statement = Laporan laba yang ditahan• Retirement of Bonds = Penarikan obligasi• Return On Invesment = Tingkat pengembalian Investasi• Revaluation = Penerikan kembali• Revennue = Pendapatan• Revenue Center = Pusat penghasi laba• Revenue Expenditure = Pengeluaran pendapatan• Revenue Recognition = Pengakuan pendapatan• Reversing Entries = Ayat jurnal pembalik• Riel Material Invetory Turnover = Perputaran persediaan bahan baku.S• Sefety Stock = Persediaan bersih• Safe Harbor Rule = Aturan perlindungan• Saleries Allowance = Tunjangan gaji• Salary Expense = Beban gaji• Sale On Account = Penjualan kredit• Sales = Penjualan• Sales Budget = Anggran penjualan• Sales Discount = Potongan penjualan• Sales Invoice = Faktur penjualan• Sales Journal = Buku harian penjualan• Sales Mix Variance = Selesih komposisi• Sales order = Order penjualan• Sales Return = Retur penjualan• Sales Salaries Expense = Biaya gaji bagian penjualan• Sale Salaries Payable = Hutang gaji bagian penjualan• Sales Tax = Pajak penjualan• Salvage value = Nilai sisa• Sample Risk = Resiko penarikan contoh• Schedule Of Account Payable = Daftar hutang• Schedule Of Account Receivable = Daftar piutang• Schedule Of Factory overhead = Daftar overhead pabrik• Scrap Value = Nilai barang sisa• Seasonal Working Capital = Modal kerja musiman• Secured Bond = Obligasi yang dijamin• Selling Expense = Biaya penjualan• Semifixed Cost = Biaya semi tetap• Separable Cost = Biaya tambahan• Separation Report = Laporan pemberhentian• Service Firm = Perusahan Jasa• Set Up Cost = Biaya Pesanan• Share holder = Pemegang saham• Shipment On Installment sales = Pengiriman barang cicilan• Short Form Report = Laporan akuntansi bentuk pendek• Shut Down Point = Titik penutupan usaha• Significant = Penting cukup berarti• Simple Average Of Cost = Metode rata-rata sederhana• Single Bookkeeping = Tata buku tunggal• Single entery System = Sistem Pembukuan tunggal• Single step = Langkah tunggal• Sinking Fund = Dana pelunasan / dana pembayaran• Slush Fund = Dana taktis• Social Benefit = Manfaat sosial• Sole Proprietorship = Persahan perseorangan• Sound Value = Nilai sehat• Special Journal = Jurnal khusus• Specified Order Of Closing =Metode urutan alokasi yang diatur• Spoilage = Produksi cacat• Spoiled Goods = Pruduk cacat• Standar of Reporting = Norma pelaporan pemeriksaan• Statement By Director = Surat pernyatanan langanan• Statement Of Changes Financial Position = Laporan perubahan dalam posisi keuangan• Statement Of Changes In Working Capital = Laporan perubahan modal kerja• Statement Of Cost Of Goods Manufacture = Laporan harga pokok produksi• Statement of Finantial Posisition = Laporan posisi keuangan• Statement Of Owners Capital = Laporan perubahan modal• Statement Of Retained Earning = Laporan laba yang ditahan• Statement Of Source And Application Of Fund = Laporan sumber dan penggunaan dana• Step Method = Metode alokasi bertahap• Stock Outstanding = Pertukaran saham• Stock Redemption Fund = Laba yang dibagikan dalam bentuk saham• Stock Right = pemegang saham• Stock Rigth Outstanding = Rapat pemegang saham• Stock Convertion = Dana penarikan saham• Stock Holder Meeting = Rapat pemegang saham• Stock Subcription = Saham yang dipesan• Stock Warrant = Surat hak beli saham• Storage Cost = Biaya penyimpanan• Store Salaries Expense = Beban gaji toko• Straight Line Method = Metode garis lurus• Subsidiary ledger = Buku tambah• Sunk cost = Biaya tersembunyi• Supplementary information S= Penjelasan tambahan• Supplies = pelengkapan• Supplies Expense = Biaya perlengkapan• Surplus = Kelebihan• Supporting Schedule = Daftar tambahanT• T Account = Perkiraan bentuk T• Tangible Asset = Harta berwujud• Tangible Fixed Asset = Aktiva tetap berwujud• Tax Acoounting = Akuntansi perpajakan• Tax Deduction = Pengurangan Pajak• Tax Invoice = Faktur pajak• Tax Return Statement = Surat pemberitahuan pajak• Taxable Firm = Pengusaha kena pajak• Taxable Income = Pendapatan kena pajak• Taxes Expense = Biaya pajak• Taxes Holiday = Pembebasan pajak• Taxes payable = Hutang pajak• Taxes Rate = Tarif pajak• Taxes Return = Pajak yang dikembalikan• Temporary Investment = Investasi sementara• Temporary Proprietorship = Perkiraan pemilikan sementara• Tender Offer = Penawaran dagang• Term Compliance = UJi ketaatan• The old & New Balance Proof = Pengecekan saldo awal dan akhir• Theoritical Capacity = Kapasitas secara teoritis• Three Variance Method = Metode tiga penyimpangan• Tickmarks = Tanda pemeriksaan• Time Value of Money = Nilai waktu dari pada uang• Timing Diffrence = Perbedaan waktu• To Compare = Membandingkan• To Trace = Menelusuri• Total Asset Turn Over = Perputaran total harta• Total Asset To Debts Ratio = Ratio aktifa terhadap utang• Tracks = Taksiran• Trade Discounts = Potongan perdagangan• Trande In = Tukar tambah• Trade Mark = Merk Dagang• Traveling Expense = Biaya perjalan• Treasurer = Pejabat keuangan• Treasury Bill = Surat hutang jangka panjang• Treasury Departement = Departemen keuangan• Trent Analyst = Analysa pengembangan dari waktu ke waktu• Trial Balance = Neraca saldo• Trouble Debt Restructuring = Penataan kembali utang yang macet• Trust Fund = Dana perwakilan• Turn Over = Perputaran• Two bin System = Sistem dua bin• Two collumn Account = Perkiraan dua kolom• Two collumn Journal = Dua kolom jurnal• Two Variance Method = Metode dua penyimpanganU• Unadjusted Trial Balance : Neraca percobaan yang belum disesuaikan• Unearned Income : Sewa diterima dimuka• Uncertainties : Ketidak pastian• Uncollectible Account : Beban penghapusan puitang• Uncollectible Account Receivable : Beban penghapusan piutang• Under Applied Overhead : Overhead yang dibebankan terlalu rendah• Unearned Revenue : Pendapatan diterima dimuka• Unemployment Tax : Pajak pengurangan• Unexpired : Belum kadaluwarsa• Unfavorable Variance : Selisih merugikan• Uniformity : Keseragaman• Unissued Capital stock : Modal saham yang belum beredar• Unit Cost : Harga perunit• Unit Equivalent : Unit setara• Unit Of Output Depreciation : Penyusutan dengan jumlah unut keluaran• Unit Product Cost : Biaya unit produksi• Unit Profit Graph : Grafik laba perunit• Unit Still In Process : Unit dalam Proses• Unlimited Liabilities : Kewajiban tak terbatas• Unqualied Opinion : Pendapatan Wajar• Unvoidable Cost : Biaya yang terhindarkan• Useful Life : Masa PengunaanV• Valuation Account : Perkiraan pernilaian• Value : Nilai• Value Added : Nilai tambah• Value Added Tax : Pajak Pertambahan Nilai• Value In Use : Nilai pengurangan• Variable Cost : Biaya variabel• Variable Cost Ratio : Rasio biaya Variabel• Variable Efficiency Variance : Penyimpangan effisiensi biaya variabel• Variance Analysist : Analisa selisih• Variance Analysist Report : Laporan analisa penyimpangan• Verability : Daya uji• Vertical Analysist : Analisa Vertical• Volume Variance : Penyimpangan dalam isi• Vouching : Biaya upah• Voucher Register : Pemeriksaan dokumen dasar• Voucher : Dokumen• Voluntary Contribution : Simpanan sukarelaW• Working Capital : Modal kerja• Working In Process : Barang dalam proses• Working In Process Inventory : Persediaan barang dalam proses• Wages Expense : Pemeriksaan dokumen dasar• Wages Rate : Biaya upah• Wages And Taxes Statement : Laporan upah dan pajak• Working Paper For Consolidated Balance Sheet : Neraca lajur untuk neraca konsolidasi• Weighted Average : Metode rata-rata terimbang• Weighted Average Method : Metode rata-rata terimbang• working sheet : Neraca Lajur• Working Paper : Kertas kerja• Write Off : Dihapuskan• Write Off Method : Metode penghapusanY• Yield = Metode penghapusan• Yield Variance = Penyimpangan hasilZ• Zero Base Budgeting = Penganggaran atas dasar nol


Download Istilah kata dalam akuntansi.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca Istilah kata dalam akuntansi. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat


Tinggalkan Komentar
EmoticonEmoticon