September 05, 2016

I. DASAR – DASAR AKUNTANSI

Judul: I. DASAR – DASAR AKUNTANSI
Penulis: Agus Narayana


DASAR – DASAR AKUNTANSI
Pengertian Akuntansi
Sebelum menjelaskan apa itu dasar – dasar akuntansi, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu akuntansi. Akuntansi adalah proses mencatat, mengklarifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data keuangan pada satu periode. Data akuntansi biasanya digunakan oleh pihak internal maupun eksternal. Pihak internal ialah orang atau pihak yang memiliki perusahaan sendiri, yang berguna untuk merencanakan bisnisnya, mengetahui keadaan perusahaannya, mengambil kebijakan untuk perusahaannya kedepan. Pihak eksternal ialah investor, kreditor, pemerintah, karyawan, calon investor, dan masyarakat. Untuk mengetahui prospek masa depan perusahaan dan mengambil keputusan untuk memasuki dunia perusahaan tersebut atau tidak.
Akuntansi merupakan sistem keuangan yang dicatat dengan memperhatikan sistem persamaan (keseimbangan) atau kata lainnya double entry antara debit dan kredit. Ini berkaitan dengan persamaan dasar akuntansi untuk mengetahui posisi keuangan dan transaksi pada suatu periode.
Akun Dasar Akuntansi

Dengan rincian harta atau aktiva terbagi dua, yaitu harta lancar dan harta tetap. Harta lancar yaitu kas, piutang, perlengkapan, persediaan barang, perskot sewa (sewa dibayar dimuka), surat berharga, cadangan kas dimuka. Harta tetap yaitu rumah, emas, tanah, gedung, kendaraan, peralatan.
Utang atau kewajiban atau liability terbagi dua, yaitu utang jangka panjang dan utang jangka pendek. Utang jangka pendek adalah utang yang batas pelunasannya kurang dari satu tahun, seperti utang usaha dan utang bank. Sedangkan utang jangka panjang adalah utang yang batas pelunasannya lebih dari satu tahun, seperti utang hipotik dan utang obligasi.
Modal atau capital atau equitas adalah kekayaan pribadi yang dipakai dalam perusahaan. Akun yang terdapat didalam modal ialah prive atau pengambilan pribadi oleh pemilik perusahaan.
Pendapatan atau revenue adalah balas jasa dari apa yang kita kerjakan. Pendapatan terbagi dua, yaitu pendapatan usaha yang didapat dari balas jasa atas apa yang kita kerjakan, pendapatan diluar usaha seperti bunga bank, sewa, dan komisi.
Biaya atau cost adalah beban yang kita keluarkan dalam menjalankan usaha atau beban untuk mendukung usaha. Beban terbagi dua, yaitu beban usaha seperti beban operasional, beban gaji karyawan, beban iklan. Sedangkan beban diluar usaha seperti beban bunga dan beban pajak.
Harta Lancar Kas
Piutang
Perlengkapan
Persediaan Barang
Perskot Asuransi
Surat Berharga
Harta Tetap Gedung
Tanah
Kendaraan
Peralatan
Utang Jangka
Pendek Utang Usaha
Utang Bank
Utang Jangka Utang Hipotik
Panjang Utang Obligasi
Modal Prive
Pendapatan
Usaha Pendapatan Jasa
Pendapatan diluar Usaha Pendapatan Bunga
Biaya Usaha Biaya Operasional
Biaya Gaji Karyawan
Biaya Iklan
Biaya Diluar Usaha Biaya bunga
Biya Pajak
Berikut tahap siklus jurnal :
Tahap Pencatatan terdiri dari jurnal umum (dagang dan jasa), buku besar, dan neraca saldo.
Tahap pengiktisaran terdiri dari jurnal penyesuaian, kertas kerja (neraca lajur), dan jurnal penutup.
Tahap pelaporan terdiri dari laporan laba atau rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca.
Dalam memposting jurnal persamaan dasar ke dalam jurnal umum, akan lebih baik jika kita tau kode akun dan penempatan akun, baik yang di sisi debit maupun sisi kredit. Berikut akan saya jelaskan pedoman pengisian jurnal umum dengan penempatan akun yang tepat.
AKUN DEBIT KREDIT
Harta + -
Utang - +
Modal - +
Pendapatan - +
Biaya + -
Pengertian dan Urutan Jurnal
Jurnal Umum
Jurnal yang mencatat akun dari jurnal persamaan dasar, yang dicatat pada sisi kredit dan sisi debit sesuai dengan penempatan akun tersebut. Serta sisi debit dan kredit jika dijumlah harus seimbang. Cara mencatat jurnal umum ialah dengan mencatat akun debit terlebih dahulu dengan bukti transaksi lalu di ikuti pencatatan sisi kredit dengan sedikit menjorok ke kanan.
Buku Besar
Mencatat perubahan transaksi berdasarkan data dari jurnal umum. Tujuan membuat jurnal besar adalah untuk mengetahui saldo akhir tiap – tiap akun pada satu periode tertentu. Buku besar dapat berbentuk T, dua kolom, tiga kolom, dan empat kolom.
Cara memposting buku besar ialah dengan cara memindahkan akun buku ke buku besar sesuai letak debit dan kredit berdasarkan nama dan saldo akun di jurnal. Posting sebaiknya dilakukan setelah pencatatan transaksi dalam jurnal atau pada hari yang sama untuk mencegah penumpukan jurnal.
Jurnal Penyesuaian
Menyesuaikan saldo akun ke saldo akun sebenarnya hingga periode tertentu. Tujuannya agar pada akhir periode dapat memisahkan akun riil dan akun nominal, juga agar tidak terdapat pencatatan ganda. Dan akun nominal menunjukkan uang yang benar – benar menjadi pendapatan dan beban pada perusahaan tersebut.
Kertas Kerja
Lembaran kertas lajur untuk mengumpulkan data pada akhir periode. Tujuannya untuk mempermudah menyusun laporan keuangan, mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi pada jurnal penyesuaian, dan memeriksa tepat tidaknya sebuah penghitungan.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyadi, Endang. 2007. Akuntansi 2. Jakarta: Yudhistira.


Download I. DASAR – DASAR AKUNTANSI.docx

Download Now



Terimakasih telah membaca I. DASAR – DASAR AKUNTANSI. Gunakan kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin anda cari.
Semoga bermanfaat

banner
Previous Post
Next Post

Akademikita adalah sebuah web arsip file atau dokumen tentang infografi, presentasi, dan lain-lain. Semua pengunjung bisa mengirimkan filenya untuk arsip melalui form yang telah disediakan.

0 komentar: